logoblog

Niat Puasa Sunnah ( Tasu'a dan Assyura) Bulan Muharam Latin dan Artinya

Niat Puasa Sunnah ( Tasu'a dan Assyura) Bulan Muharam Latin dan Artinya

Sunnah

Sunnah close
Dibaca:5278 close
Niat Puasa Sunnah ( Tasu'a dan Assyura) Bulan Muharam Latin dan Artinya
share

Bulan Muharram adalah bulan yang diutamakan dalam semua bulan karena terdapat banyak makna dibalik bulan Muharram ini, oleh karenanya di bulan ini dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan dan sedekah. Begitu pula dengan puasa sunah, terdapat puasa sunah yang sangat dianjurkan yaitu puasa Tasu'a dan Puasa Assyura. Berikut Niat lengkapnya dalam latin beserta artinya.  

Niat Puasa Sunnah ( Tasu'a dan Assyura) Bulan Muharam Latin dan Artinya

Niat Puasa Tasu’a

Di dalam hadits, tidak dijumpai bagaimana lafal niat puasa tasu’a. Rasulullah dan para sahabat biasa mengerjakan amal dengan niat tanpa dilafalkan.

Syaikh Wahbah dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu menjelaskan, semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah hati. Melafalkan niat bukanlah syarat, namun ia disunnahkan oleh jumhur ulama selain mazhab Maliki dengan maksud membantu hati dalam menghadirkan niat. Sedangkan menurut mazhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak bersumber dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dalam mazhab Syafi’i, lafal niat puasa tasu’a sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ فِيْ يَوْمِ تَاسُوْعَاء سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shouma fii yaumi taasuu’aa’ sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Artinya: saya niat puasa sunnah tasu’a sunnah karena Allah Ta’ala

Niat Puasa Asyura

Di dalam hadits juga tidak dijumpai bagaimana lafal niat puasa asyura. Rasulullah dan para sahabat biasa mengerjakan amal dengan niat tanpa dilafalkan.

Dalam mazhab Syafi’i, lafal niat puasa asyura sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاء سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shouma fii yaumi aasyuuroo’ sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Artinya: saya niat puasa sunnah asyura sunnah karena Allah Ta’ala

Kapan waktu niat puasa ini?

Kapan waktu niat puasa tasu’a dan asyura? Sebaiknya, niatnya di waktu malam sebelum terbit fajar. Namun karena ini adalah puasa sunnah, maka jika terlupa, boleh niatnya di pagi hari sebelum masuk waktu zhuhur asalkan belum makan apa-apa dan tidak melakukan hal apapun yang membatalkan puasa.

Sebagaimana Rasulullah pernah puasa sunnah dengan niat di waktu pagi seperti pada hadits berikut ini:

عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ قَالَتْ دَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ هَلْ عِنْدَكُمْ شَىْءٌ. فَقُلْنَا لاَ. قَالَ فَإِنِّى إِذًا صَائِمٌ. ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَرَ فَقُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ أُهْدِىَ لَنَا حَيْسٌ. فَقَالَ أَرِينِيهِ فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا . فَأَكَلَ

Dari Aisyah Ummul Mukminin, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menemuiku pada suatu hari lantas beliau bertanya, “Apakah kalian memiliki sesuatu untuk dimakan?” Kami pun menjawab, “Tidak ada.” Beliau pun bersabda, “Kalau begitu saya puasa.” Kemudian di hari lain beliau menemui kami, lalu kami katakan pada beliau, “Kami baru saja dihadiahkan hays (jenis makanan berisi campuran kurman, samin dan tepung).” Lantas beliau bersabda, “Berikan makanan tersebut padaku, padahal tadi pagi aku sudah berniat puasa.” Lalu beliau menyantap makanan tersebut. (HR. Muslim)

Tingkatan Puasa Asyura

Sayyid Sabiq menerangkan bahwa puasa asyura ada beberapa tingkatan. “Para ulama menyebutkan bahwa puasa Asyura ada tiga tingkatan,” tulis beliau dalam Fiqih Sunnah. Pertama, berpuasa selama tiga hari, yaitu hari kesembilan, kesepuluh dan kesebelas. Kedua, berpuasa pada hari kesembilan dan kesepuluh. Ketiga, berpuasa pada hari kesepuluh saja.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, jika seseorang berpuasa Asyura tanpa Tasu’a, disunnahkan baginya –menurut mazhab Syafi’i- berpuasa pula pada tanggal 11. Bahkan Imam Syafi’i sendiri dalam kitab Al Umm dan Al Imlaa’ menyatakan kesunnahan berpuasa pada tiga hari tersebut sekaligus.

Wallahu a’lam bish shawab.

 

Artikel Terkait

Keutamaan Puasa Tasu'a dan Puasa Assyura Bulan Muharram Lengkap Dengan Hadits

Saat ini kita sudah memasuki tahun baru Hijriyah. Adapun pada bulan muharam ini terdapat Puasa tasua dan puasa asyura merupakan puasa ... Selengkapnya

Lafadz Niat Puasa Dzulhijah Tanggal 1-10 Arab-Latin Beserta Artinya

Puasa sunnah Dzulhijjah adalah puasa yang disarankan para ulama, karena banyak manfaat yang dapat diraih, tetapi kita tetap harus selalu menjalankan ... Selengkapnya

Keutamaan Puasa Assyura Pada Bulan Muharram

Keutamaan Puasa Assyura Pada Bulan Muharram - Islam adalah agama yang sempurna, banyak kebaikan dan kemudahan dalam setiap ibadah yang dilakukan. ... Selengkapnya

Ini Keutamaan Melaksanakan Puasa Sunnah 10 Hari di Bulan Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah adalah puasa yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah, puasa ini merupakan puasa sunnah jadi sifatnya tidak wajib. Puasa Dzulhijjah dilaksanakan ... Selengkapnya


advertisement
Masih Hangat
 
Banyak Dilihat

Akhir Artikel

Buka Kategori Untuk Info Menarik Lainnya